PROSPEK KERJA TEKNIK SIPIL

By Cahya Sujatmiko 03 Mei 2019, 15:52:56 WIB Teknik Sipil
PROSPEK KERJA TEKNIK SIPIL

Burj Khalifa di Dubai, Golden Gate Bridge di San Francisco dan “Spaghetti Junction” di Birmingham, Inggris memiliki satu kesamaan: yaitu insinyur teknik sipil yang brilliant !!

Insinyur Teknik Sipil Kerjanya Ngapain Aja?

Insinyur sipil merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, terowongan, bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran.

 

Insinyur/ahli teknik sipil sering bekerja bersama berbagai tim, dimana mereka menggunakan teori dan model bangunan untuk memprediksikan kinerja suatu desain (bangunan). Mereka biasanya menguji suatu desain dalam skala kecil sebelum mulai membangun. Dalam mengambil keputusan, mereka harus mempertimbangkan fungsi bangunan, manfaatnya bagi masyarakat, keselamatan pekerja dan anggaran.

Apa Beda Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur? 

Walau jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur sama-sama mempelajari bagaimana membangun gedung, terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Jurusan Teknik sipil mempelajari cara membuat struktur bangunan  yang kokoh dan ekonomis, sedangkan jurusan Arsitektur lebih berfokus pada desain bangunan yang menarik. Secara singkat, teknik sipil membuat gambar/desain seorang arsitek menjadi bangunan nyata, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti fungsi bangunan, keamanan dan ketahanan bangunan, anggaran dan faktor lainnya.

Seperti Apa Perkuliahan Teknik Sipil? Apa Persyaratan Untuk Mendaftar Ke program Kuliah Jurusan Teknik Sipil di Luar Negeri? 

Jurusan teknik sipil terdiri dari banyak mata kuliah yang memaksa kamu untuk berhitung. Jika kamu berencana untuk mengambil jurusan teknik sipil, kamu perlu memiliki dasar matematika dan fisika yang kuat. Dua keahlian dasar ini dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan masalah yang dihadapi di dunia karir teknik sipil.

 

Jurusan teknik sipil juga melibatkan praktek geometri, trigonometri dan kalkulus, serta fisika dan kimia. Ada banyak spesialisasi yang bisa dipilih dari jurusan teknik sipil, misalnya struktur bangunan, sumber daya perairan, lingkungan, konstruksi, transportasi, geoteknik, dan masih banyak yang lainnya.

 

Jika kamu tidak gemar bermain dengan angka, tetapi berniat kuat masuk ke jurusan teknik sipil, jangan mundur dulu. Selama kamu tidak masalah dengan logika, dan punya passion yang kuat di bidang teknik sipil, kamu juga bisa menjadi lulusan teknik sipil yang berprestasi.

 

Tahun pertama kuliah teknik sipil akan dimulai dengan mata kuliah umum, seperti matematika, fisika, bahasa, dll. Memasuki tahun kedua, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah yang lebih spesifik seperti: Mekanika teknik, Statistik, Gambar Teknik, Struktur Jembatan, Teknologi Bahan Bangunan, Struktur Beton, Hidrologi, Struktur Baja, Struktur Kayu, Hukum yang berhubungan dengan proyek Konstruksi, Sistem Transportasi, Rekayasa Pondasi, Manajemen Proyek, Rel  Kereta Api, Jalan Raya, Terowongan, Irigasi Bangunan Air, Ilmu Ukur Tanah, Mekanika Tanah, Hidrolika, serta software komputer yang digunakan di bidang teknik sipil ( contohnya Staad pro , SAP 2000,  Autocad , eTABS , dsb), dan lain-lain.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan dunia, ilmu pengetahuan teknik sipil juga terus berkembang. Oleh karena itu banyak yang memilih untuk lanjut kuliah ke jenjang S2. Akan tetapi jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa mengikuti program kuliah online untuk mempelajari pengetahuan dan praktek terbaru.

 

Untuk dapat diterima di universitas luar negeri, perlu untuk memiliki skor TOEFL minimal 550. Persyaratan masuk setiap universitas berbeda-beda. Disarankan untuk konfirmasi dengan universitas mengenai persyaratan masuk terbaru. Terutama, untuk mendaftar ke program S2, terkadang ada universitas yang meminta pengalaman kerja. Persyaratan masuk universitas dapat dilihat di bagian 'admission' di situs resmi universitas.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Donald 01 Mei 2019, 12:01:06 WIB

    Wah ini Foto Pendukung Prabowo kaya nya hahaha

View all comments

Write a comment